menu Menu
Asal Usul Perahu Kecil yang Dinamai Kano
Asal mula kano berawal dari tradisi masyarakat kuno. Namun, ada dua versi terkait asal muasal kano. Versi pertama menyebutkan kano berasal dari peradaban sungai Efrat. Versi itu merujuk pada bukti arkeologi berupa relik di sebuah makam Raja Samaria yang menggambarkan keberadaan perahu kano. Relik tersebut diperkirakan berumur kurang lebih 6000 tahun lalu.
By admin Engelberth P Degey (nd) Posted in Historia, News, Sejarah Dunia on November 1, 2018 0 Comments 2 min read
Previous Bupati Dogiyai Letakan Batu Penjuru Perdamaian Meuwo Next

“Istilah Kano Terdapat Kesamaan Kata dengan istilah Kapauku, Kapauwe, Kuwee, Kunuku, Kuri, Kapauri, Kush, Kapuas, Maluku yang berarti Manusia-Manusia Perahu”

Kano adalah sebuah perahu kecil dan sempit, yang biasanya digerakkan dengan tenaga manusia, tetapi juga lazim diberi layar. Kano biasanya lancip pada kedua ujungnya dan terbuka di bagian atasnya. namun bagian ini dapat diberi tutup.

Asal mula kano berawal dari tradisi masyarakat kuno. Namun, ada dua versi terkait asal muasal kano.

Versi pertama menyebutkan kano berasal dari peradaban sungai Efrat. Versi itu merujuk pada bukti arkeologi berupa relik di sebuah makam Raja Samaria yang menggambarkan keberadaan perahu kano. Relik tersebut diperkirakan berumur kurang lebih 6000 tahun lalu.

Relik tersebut menunjukan bentuk dan desainnya berbeda dengan kano yang dibuat oleh bangsa Indian. Bentuk relik justru memperlihatkan kemiripan dengan perahu kano yang dibuat oleh bangsa Eskimo yang menetap di Amerika Utara dan Greenland.

Versi lain, kano atau kayak mungkin berasal dari Greenland. Sebab, kata Kayak berasal dari bahasa Eskimo ”Ki-ak” yang berarti manusia perahu. Pada saat itu, masyarakat Eskimo biasa membuatnya untuk keperluan transportasi dan berburu di sungai.

Kano yang menggunakan tenaga manusia digerakkan dengan kayuh. Jumlah pengayuhnya tergantung pada ukuran kanonya sendiri (yang paling umum dua). Para pengayuh duduk menghadap ke arah tujuan perjalanan. Mereka duduk di pada pendukung yang ada di badan perahu, atau berlutut langsung di badan perahu tersebut. Hal ini membedakan cara mengayuh kano dengan olahraga dayung; dalam dayung para pengayuh duduk membelakangi tujuan perahunya. Kayuh kano dapat bersisi tunggal atau bersisi dua.

Kano, dibeberapa daerah lain dikenal dengan nama Kayak, yaitu perahu yang berukuran kecil. Kayak adalah sebuah perahu kecil bertenaga manusia, biasanya dengan bagian depan dan belakang tertutup, sehingga hanya menyisakan lubang seukuran awak. Kayak dilengkapi dengan dayung berkepala tunggal atau ganda.

Kayak awalnya hanya terbuat dari kayu dan digunakan oleh suku Ainu, Aleut dan Eskimo untuk berburu. Sekarang kayak dibuat dari berbagai material disesuaikan dengan kegunaannya yang semakin bervariasi.

Sumber: 

Facebook Comment


Previous Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cancel Post Comment

keyboard_arrow_up